top of page

Kehadiran Cristiano Ronaldo Mendongkrak Tinggi Nama Juventus




GoldenQQ -- Kehadiran Cristiano Ronaldo disebut semakin mendongkrak merek klub raksasa Liga Italia Juventus sejak bergabung tahun lalu.

Ronaldo hengkang dari Madrid ke klub Si Nyonya Tua dengan nilai transfer sebesar 105 juta euro atau setara Rp1,6 triliun.


Sebelumnya, tak sedikit yang menilai harga tersebut dirasa sangat mahal untuk pemain yang sudah memasuki 33 tahun. Namun, penilaian itu terbukti salah.

CR7 mencetak 32 gol untuk Juventus dalam 51 penampilan di seluruh kompetisi. Ronaldo juga dinilai mampu mengangkat aspek komersial klub tersebut.


Media Italia La Gazzetta dello Sport seperti dikutip dari Give Me Sport, nilai merek Juventus mengalami kenaikan secara dramatis sejak Ronaldo bergabung.

Berkat kehadiran Ronaldo, Juve mendapatkan pemasukan ekstra dari hak citra sebesar 58 juta euro (Rp909 miliar) pada musim 2018/2019.


Juventus bahkan mampu menjual jersey mereka sebanyak 1,3 juta potong pada musim tersebut. Angka itu menjadi penjualan tertinggi Si Nyonya Tua.


Jumlah penggemar Juventus pun diklaim bertambah 38 juta sejak CR7 bergabung ke klub tersebut. Juve kini disebut memiliki 423 juta fan di seluruh dunia.

Di media sosial macam Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube, follower Juventus meningkat tajam dari 50,4 juta menjadi 84,8 juta per Juni 2018.


Itu membuat Juve menjadi tim keempat yang paling banyak follower setelah Real Madrid, Barcelona, dan Manchester United.

Meski demikian, Cristiano Ronaldo kali ini kalah dalam perebutan sejumlah penghargaan individu dari Lionel Messi tahun ini. Messi mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik FIFA dan Sepatu Emas liga-liga di Eropa.






6 tampilan0 komentar

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page