top of page

Andriy Shevchenko Pastikan Langkah Ukraina ke Euro 2020, Gol ke-700 Ronaldo Gagal Menangkan Portugal




GoldenQQ – Namanya besar dan melegenda di Ukraina ketika masih bermain. Kini, Andriy Shevchenko sukses membawa negaranya melenggang ke Euro 2020 sebagai pelatih.


Apa yang dibuktikan Andriy Shevcenko sangatlah luar biasa. Di Eropa Timur, tidak banyak pemain yang juga sukses berkarier sebagai pelatih. Mantan bintang AC Milan jadi di antara sedikit mantan pemain yang menuai sukses itu.


Sheva, demikian sapaan akrabnya, secara luar biasa membawa Ukraina menembus putaran final Euro 2020. Ia mengalahkan tim kuat yang lebih difavoritkan di Grup B, Portugal.


Dua gol Roman Yaremchuk dan Andriy Yarmolenko di babak pertama hanya mampu dibalas sebiji gol Cristiano Ronaldo di babak kedua. Tambahan tiga poin ini sekaligus membawa negara beribukotakan Kiev memuncaki klasemen Grup B dengan 19 poin.


Mereka unggul delapan angka dari Portugal di peringkat kedua. Jauhnya jarak poin kedua negara membuat Ukraina sudah tidak mungkin lagi terkejar dari tim lain.


Kemenangan atas Portugal ini bukanlah kebetulan. Sepanjang babak kualifikasi, Andriy Yarmolenko dkk mampu mempertontonkan performa gemilang. Mereka juga jadi satu-satunya tim di Grup B yang belum tersentuh kekalahan.


Selain itu pertandingan kali ini juga menandakan gol bersejarah bagi Cristiano Ronaldo, yang berhasil mencetak rekor gol ke-700 sepanjang karirnya ke gawang Ukraina. Walaupun disayangkan gol tersebut belum mampu untuk memenangkan Portugal, tetapi rekor gol tersebut sangatlah spesial dan susah dicapai oleh pemain-pemain sepakbola dunia lainnya.


Dari statistik, Ukraina juga lebih unggul dibanding juara Euro 2016. Mereka sukses menyarangkan 15 gol ke gawang lawan. Sementara gawang Andriy Piatov hanya dua kali kebobolan. Kesuksesan Shevchenko ini sekaligus jadi pelipur lara Ukraina yang sebelumnya gagal menembus Piala Dunia 2018 lalu.






5 tampilan0 komentar

Comments


Post: Blog2_Post
bottom of page